PERBEDAAN
ORGANISASI DENGAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Jika organisasi
komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyalkontrol.
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyalkontrol.
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Ø Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
Ø Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
·
Semua intel family x86 memiliki
arsitektur dasar yang sama
·
Family IBM system/ 370 memiliki
arsitektur dasar yang sama
·
Organisasi antar versi memiliki
perbedaan.
1. Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang
tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2. Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur Komputer :
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Organisasi Komputer :
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
- Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
- Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
MENGAPA
BELAJAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Sebagai slah satu mata
kuliah yang wajib bagi mahasiswa, khususnya di program studi Teknik
Informatika, maka kita sebagai mahasiswa diwajibkan untuk mengetahui bagaimana
suatu komputer tersebut dapat bekerja dengan benar, mulai dari pengimputan data
(memasukkan data) kemudian diproses, sampai menghasilkan suatu output data
(berupa hasil dari pemasukan data tersebut ) sebagai contoh kita memasukkan
sebuah kalimat melalui keyboard kemudian kelimat tersebut diproses di dalam CPU
dan dikeluarkan melalui monirtor.
Organisasi dan arsitektur komputer merupakan suatu
pelajaran mata kuliah yanag diajarkan untukmengetahui hal hal yang berhubungan
dengan komputer.pada ruang lingkup komputer dan juga tehnik komputer, kita
harus menetahui pengertian dari organisasi dan arsitektur tersebut. Sebelum
mengetahui manfaat dan alasan untuk mempelajari organisasi dan arsitektur
komputer di dunia kerja .Berikut penjelasanya:
·
Arsitektur komputer adalah bagaimana
seorang programmer dapat melihat atribut atribut hardware komputer dalam
merancang logika program yang di buat.
Sebagai
contoh: misalkan si programmer ketika akan mengkoding dia perlu mengetahui
apakah pada komputer memiliki :
1. Institiusi
perkalian atau tidak ?
2. Bagaimana
pengamatan data memory ?
3. Bagaimana
datadi presentasikan ? ,dan
4. Bagaimana
bilangan di representasikan ?
Jadi dapat di
simpulakan bagaimana software bekerja pada hardware.
·
Organisasi komputer adalah bagian yang
terkait erat dengan unit unit operasional.
Sebagai
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memory, sistem
memory dan sinyal sintyal control..
Jadi
dapat di simpulkan bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut bagaimana
unit unit bekerja.dan bagaimana interkoneksinya hingga komputer dapat berfungsi
sesuai setrukturnya.
Dengan
belajar organisasi dan Arsitektur komputer, akan memudahkan kita memahami
sebagai:
1.
User
ð Memahami
kemampuan dan bahasa system
ð Membuat
keputusan yang dibutuhkan
ð Meningkatkan
komunikasi dengan Teknologi Informasi secara profesional
2. System
analys
ð Melakukan
survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
ð Menentukan
system computer untuk memenuhi aplikasi yang dibutuhkan
3. Programer
ð Menciptakan
aplikasi software yang efisien untuk menetukan prosessor yang diperlukan
4. System
Administrator/managemen
ð Menginstall,
menkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
ð Memaksimalkan
system yang tersedia
ð Mengoptimalkan
performen dari system
ð Menjamin
keamanan system
5. Web
Design
ð Mengoptimalkan
akses pelanggan dalam layanan web
ð Memahami
dengan tepat format data yang digunakan
ð Mendesain
halaman web lebih efisien
Organisasi komputer membantu mengoptimalkan jinerja
berbasis produk. Dengan adanya pelajaran organisasi dan arsitektur komputer
tersebut memiliki tujuan antara lain.
1. Mengetahui
mata kuliah CPU arsitektur
2. Mengetahui
hubungan antara CPU arsitektur dengan mata kuliah lain
3. Dpat
mengikuti dan memahami perkembangan CPU
4. Mengetahui
materi yang akan dipelajari pada mata kuliah CPU arsitektur.
FUNGSI
FUNGSI KOMPUTER
ada beberapa fungsi komputer, yaitu:
1. Sebagai
sarana untuk komunikasi
Pada zaman
dulu, telepon digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh
dari kita tetapi dengan Fungsi Komputer ini, kita dapat bicara dengan saudara
atau teman melalui webcam atau skype. Menulis surat melalui email maupun chatting
dan sebagainya juga dapat dijadikan alat komunikasi melalui internet.
2. Sebagai
alat pendidikan
Pada zaman
dulu, anak-anak di sekolah mendapatkan sumber informasi melalui koran,
televisi, radio dan tempat kursus. Tetapi dengan menggunakan komputer akan
terhubung melalui media internet sehingga memperoleh informasi dalam bidang
ilmu pengetahuan maupun pendidikan.
3. Sebagai
sarana dalam mempermudah dunia kerja
Dahulu mesin
ketik digunakan untuk mengetik beberapa surat dan apabila terjadi kesalahan
maka surat tersebut di ketik ulang kembali dan file dokumen yang telah diketik
tidak dapat di edit kembali. Dengan menggunakan komputer, kita dapat mengetik
beberapa surat setelah itu menyimpan dokumen tersebut.
4. Sebagai
sarana informasi
Informasi
yang kita butuhkan dapat diperoleh dengan menggunakan komputer, yaitu
diantaranya : Mencari produk yang diinginkan melalui informasi produk,
mencari lowongan kerja melalui informasi pekerjaan, mencari berita dalam maupun
luar negeri melalui informasi berita, mencari tempat-tempat pendidikan melalui
informasi pendidikan, mencari tempat-tempat hiburan melalui informasi hiburan,
mencari tips kesehatan dan tempat pengobatan melalui informasi kesehatan,
mencari peluang untuk membuka dunia usaha melalui informasi usaha, mengetahui keadaan
cuaca melalui informasi cuaca dan sebagainya.
5. Sebagai
sarana usaha
Komputer
digunakan sebagai alat untuk melakukan banyak kegiatan usaha yang dapat
mendatangkan pendapatan kita sehari-hari, yaitu diantaranya : membuat
warnet, membuat jasa website, membuat rental komputer, membuat buku online yang
dapat dijual, membuat usaha percetakan, sablon, kursus komputer, membuat desain
komputer, arsitektur dan grafis untuk periklanan, membuat usaha programer
keuangan dan akuntansi dan lain sebagainya.
6. Sebagai
sarana hiburan
Dahulu
seperti televisi dan radio digunakan sebagai alat hiburan, sementara dengan
komputer terdapat beragam fasilitas yang menghibur yaitu bermain game dengan
menggunakan game online melalui internet, menonton video melalui media internet
seperti youtube, menonton TV channel online dengan internet, mendengar music
mp3 melalui internet dan berhubungan dengan teman maupun saudara melalui webcam
maupun chating.
7. Sebagai
sarana kesehatan
Pada zaman
sekarang dengan teknologi yang canggih sesuai efektivitas dan efisiensinya,
bidang kesehatan telah menggunakan alat kedokteran melalui aplikasi komputer
yang biasa disebut dengan Ultra Sonografi atau USG.
8. Sebagai
sarana keamanan
Dalam bidang
keamanan, komputer digunakan sebagai bagian kepentingan suatu negara dalam
menghadapi serangan dari luar dengan memperkuat pertahanan negara. Dengan
mengendalikan komputer, suatu negara dapat menggunakan alat-alat yang canggih.
Itulah
beberapa fungsi komputer yang dapat kita ketahui, semoga tulisan ini bermanfaat
buat para pembaca.
Sumber
:
http://dit-zhou.blogspot.com/2010/05/perbedaan-arsitektur-dan-organisasi.html
http://dwioktaviali.blogspot.com/2012/10/perbedaan-antara-organisasi-computer.html
http://uyuyharussemangat.blogspot.com/2012/10/perbedaan-arsitektur-komputer-dan.html
http://isma-ismi.com/fungsi-komputer.htmlhttp://dit-zhou.blogspot.com/2010/05/perbedaan-arsitektur-dan-organisasi.html
http://dwioktaviali.blogspot.com/2012/10/perbedaan-antara-organisasi-computer.html
http://uyuyharussemangat.blogspot.com/2012/10/perbedaan-arsitektur-komputer-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar